Selamat datang di blog nurul..semoga bermanfaat buat kita semua. salam sukses slalu ....

Rabu, 14 Desember 2011

MEMPERSIAPKAN PRESENTASI BISNIS

Keuntungan yang didapatkan melalui sebuah presentasi bisnis: 
  1. Efisiensi
  2. Efektivitas
  3. Pengaruh
 
 Perkiraan perbedaan dugaan antara retorika dan pidato presentasi

    Faktor
    Retorika
    Presentasi
    Lingkungan
    Dimanapun, didalam atau diluar ruangan

    Bagaimana topik dipilih
    Luwes, ketua komite atau ketua program

    Orientasi topik
    Luas. Khalayak dengan mudah mendukung penyimpangan dari topik yang diumumkan
    Biasanya sangat spesifik. Berorientasi tugas. Tujuan dan sasaran pekerjaan, tugas, pekerjaan, bisnis yang lebih teknis. Jangkauannya mecakup penerangan staf, pemasaran, pengajaran, laporan, dsb. Khalayak biasanya mengharapkan kesetiaan yang kuat terhadap topik yang diumumkan.
    Batas waktu
    Lini waktu yang ketat
    Lini waktu ketat
    Komposisi khalayak
    Terpilih sendiri. Biasanya, peristiwa dalam hubungan satu waktu. Mungkin, memiliki orientasi topik yang luas.
    Khalayak yang hadir biasanya ditentukan. Biasanya, khalayak mempunyai informasi latar belakang mengenai hubungan topik mengenai bisnis. Sangat terfokus pada topik.
    Harapan partsipasi khalayak
    Interaksi yang tersembunyi. Partisipasi/umpan balik khalayak yang diam
    Interaksi lahir. Sering berupa partisipasi vokal. Khalayak merasa bebas menantang penyaji.
    Fokus tanggung jawab aktivitas
    Tanggung jawab ada pada pembicara. Khalayak mengharapkan perwujudan maksud pada pihak pembicara
    Tanggung jawab ada pada penyaji. Khalayak membagi fokus maksud yang biasanya menyiratkan tujuan manajemen.
    Derajat keahlian dan persiapan pembicara yang diharapkan
    Pembicara diharapkan telah mendapatkan hak bicara. Keahlian diantisipasi. Pembicara diharapkan benar-benar siap.
    Penyaji sering dipandang sebagai yang utama, tetapi diharapkan siap secara khusus.

    “Decentering”
    Laten tapi ada
    Ada dan berwujud
    Derajat spontanitas yang dirasakan
    Ilusi spontanitas diharapkan
    Beberapa ilusi spontanitas diharapkan, tetapi dalam derajat yang lebih kecil daripada retorika
    Pemanfaatan bantuan audiovisual
    Jarang
    Biasa
    Periode tanya jawab
    Kadang-kadang, dihilangkan seluruhnya. Jika digunakan, hampir selalu pada akhir pidato
    Sering berlangsung, interaktif, dan terus menerus.































    Perbedaan umum pidato presentasi dan retorika

    Pidato presentasi
    Retorika
    Jumlah khalayak sedikit
    Jumlah khalayak lebih banyak
    Menggunakan multimedia standar
    Pengunaan multimedia terbatas
    Khalayak lebih homogen
    Khalayak heterogen
    Lingkungan bisnis
    Lingkungan variasi
    Topik ditetapkan atau ditentukan terlebih dahulu
    Topik dinegosiasikan
    Komunikasi verbal interaktif
    Komunikasi verbal kurang interaktif
    Berorientasi pada proposal
    Tujuan yang bervariasi
    Berkesan kritis
    Berkesan kurang kritis
    Hasil segera terlihat
    Hasil tertunda
    Pesan diuji
    Pesan tidak diuji
    Dibantu ahli berpengalaman
    Kadang-kadang dipersiapkan oleh penulis/staf pidato



    Merencanakan presentasi
    1.       Kajilah tujuan anda
    2.       Menganalisis khalayak
    3.       Mengembangkan gagasan utama
    4.       Mengembangkan pokok-pokok utama
    5.       Mengkonsultasikan sumber-sumber informasi
    6.       Mencatat data
    7.       Membuat sketsa presentasi
    8.       Menggunakan catatan
    9.       Latihan
    10.   Mengumpulkan umpan balik



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar